London, 18 September 2016

Hawa dingin langsung menyergap begitu pesawatku mendarat di Bandara Internasional Heathrow London. Kakiku melangkah keluar untuk mengantri di imigrasi lalu menuju tempat pengambilan bagasi. Alhamdulillah semua koper kami tak ada yang hilang atau tertukar.

Setelah keluar ke ruang tunggu bandara, kami masih harus menunggu kawan yang akan menjemput di bandara, Junda dan Audhia. Junda adalah mahasiswa Queen Mary University of London yang baru saja lulus dari program magisternya dan sedang menunggu kepulangannya ke Indonesia. Sedangkan Audhia sama sepertiku, mahasiswa baru UCL yang nantinya juga akan menjadi teman flatku bersama-sama dengan Idham. 

IMG_20160918_202304
Ruang Tunggu Bandara Internasional Heathrow

Penjemputan mahasiswa di bandara menjadi hal yang lumrah, bahkan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) di London memiliki program penjemputan untuk mahasiswa Indonesia yang baru pertama kali tiba di bandara. Meksipun setelahnya sama-sama naik transportasi umum, tapi menurutku program semacam itu sangat membantu, terutama bagi orang yang belum pernah sama sekali menginjakkan kaki di London sepertiku. Tak hanya itu, beberapa kampus juga menyediakan penjemputan bagi mahasiswa barunya yang baru saja tiba dari negara asal. Seperti yang aku lihat pada saat aku sedang menunggu di bandara, ada satu tim dari salah satu kampus di London dengan memakai baju berwarna biru yang tersebar di terminal kedatangan. Sayangnya, kampusku tak punya fasilitas itu. Akhirnya aku hanya mengandalkan koneksi pertemanannya Idham untuk mengantarkanku ke alamat yang akan aku tuju.

IMG_20160918_202450
Terminal Kedatangan Bandara Internasional Heathrow

Meski nantinya aku akan tinggal di salah satu flat kampus bersama empat mahasiswa Indonesia lainnya, aku tak bisa langsung menempati flat itu. Ia baru bisa ditempati setelah beberapa hari aku berada di London. Oleh karena itu, aku terpaksa harus mencari tempat singgah sementara. Bagi yang belum tahu, tempat tinggal semacam kos di UK disebut flat, jika di US disebut apartment. Dua nama itu sebenarnya sama saja, hanya berbeda kebiasaan penggunaan saja (British dan American accent).

Beruntung aku punya teman satu kantor yang baru saja selesai kuliah di salah satu kampus di London namun belum kembali ke Indonesia. Aku memanggilnya mbak Eldest. Meski mbak Eldest bersama dengan suami dan satu anaknya menghuni salah satu private house bersama dengan tiga orang lainnya, mbak Eldest membolehkanku untuk tinggal sementara di rumahnya. Namun karena memang tidak ada kamar yang tersedia, akhirnya aku harus tidur di ruang keluarga. Bagiku itu tak menjadi soal karena toh aku juga sudah terbiasa menjadi anak kos yang bisa tidur dimana saja. Hehe…

Akan tetapi masalah belum selesai di situ. Sebelum aku bisa menempati flatku, mbak Eldest harus segera mengosongkan rumahnya karena masa berlaku kontraknya akan segera berakhir. Maka otomatis aku juga harus pergi dari rumah itu. Alhamdulillah sebelum ke London, aku sudah mengantisipasi hal ini. Aku sudah memesan kamar di Wisma Indonesia di London selama beberapa hari setelah aku tinggal di rumah mbak Eldest. Wisma ini milik keluarga Indonesia di London yang sengaja disewakan kepada warga Indonesia yang singgah sebentar di London. Berbeda dengan rumah mbak Eldest yang tidak dipungut biaya, di Wisma Indonesia aku harus bayar £25 per malamnya. Sebenarnya ada yang lebih murah lagi yaitu Wisma Merdeka milik KBRI, namun sayangnya pada waktu aku memesannya, semua kamar sudah penuh. Akhirnya Wisma Indonesia menjadi pilihanku kala itu untuk singgah sementara sebelum menempati flatku yang asli.

Tak berapa lama, Junda dan Audhia menghampiri kami. Kami kemudian saling berkenalan dan mengatur rencana rute untuk mengantar masing-masing dari kami ke tempat persinggahan sementara.

IMG_20160918_211438
Dari kiri ke kanan: Audhia, Junda, Amy, Aku. Idham yang mengambil gambar ini :p
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s