Ankara, 18 September 2016

Sebelum mulai memasuki dunia kerja, aku hanya pernah naik pesawat dua kali, yaitu di tahun 2010 pada saat aku mengikuti Student Exchange ke University Malaya, Malaysia. Momen itu juga merupakan momen pertamaku bepergian ke luar negeri. Aku ingat pada waktu itu pesawat yang aku naiki adalah pesawat milik maskapai Air Asia. Aku, beberapa teman dan dua dosenku berangkat dari bandara Husein Sastranegara Bandung menuju bandara internasional Kuala Lumpur Malaysia.

Hingga kemudian aku bekerja di BPJS Ketenagakerjaan dari tahun 2014, aku mulai sering menggunakan pesawat untuk keperluan dinas ke beberapa kota, seperti Medan, Lampung, Yogyakarta, Surabaya, dan lain-lain. Tempat duduk favoritku tentu di samping jendela. Dari posisi itu, aku bisa memandangi langit yang terhampar luas melalui lubang jendela. Darinya aku bisa men-tafakuri alam ciptaan Allah yang Maha Dahsyat. Aku lebih bisa melihat ke dalam diri sendiri dan lebih menyadari bahwa sejatinya aku ini sungguh-sungguh sangat kecil di antara hamparan luas semesta.

IMG_20160919_012002
Pemandangan langit sore hari dari balik jendela pesawat

Pada saat terbang ke London pun aku beruntung karena aku bisa duduk di samping jendela. Aku bebas memandangi langit luas di sepanjang perjalanan yang aku lalui. Meski senang, tetap saja terkadang ada rasa bosan berada di dalam pesawat selama belasan jam. Setidaknya aku sudah menghatamkan tiga film dan beberapa judul album penyanyi untuk menghilangkan kebosanan. Sesekali aku berhenti memandangi layar entertainment di depanku untuk menyantap hidangan yang disajikan pramugari. Selain itu, kewajiban sebagai seorang muslim juga tetap harus dilaksanakan, salat lima waktu, meski dalam posisi duduk.

IMG_20160918_214344
Peta rute pesawat

Yang pasti, itulah pengalaman pertamaku berada di dalam pesawat selama berjam-jam dan menuju tempat yang sebelumnya tak pernah aku pikirkan. Seakan tak percaya sebentar lagi aku menginjakkan kaki di benua Eropa, benua yang selama ini hanya bisa aku pandangi melalui TV dan internet.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s