Tangerang, 18 September 2016

Pagi itu perasaanku bercampur aduk. Di satu sisi aku senang dan bahagia karena sebentar lagi aku akan mewujudkan mimpiku untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, tepatnya United Kingdom. Di sisi lain aku juga sedih dan haru karena untuk pertama kalinya aku akan hidup berbulan-bulan di negara lain yang jaraknya lebih dari 7000 miles dari Indonesia. Saking berharganya momen itu, kedua orang tua dan adikku sengaja izin untuk tidak masuk sekolah demi melepasku terbang meninggalkan Indonesia menggunakan pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

IMG_20160918_063351
Boarding Pass dan Passport

Selain aku, ada tiga teman yang satu pesawat denganku menuju London dari bandara untuk berkuliah di kampusnya masing-masing. Dua orang diantaranya (Idham dan Amy) sama-sama awardee LPDP dan akan kuliah di universitas yang sama denganku, University College London (UCL), sedangkan satu orang lainnya (Jaki) adalah awardee Chevening akan kuliah di King’s College London (KCL).

Aku mengenal Idham di Persiapan Keberangkatan (PK) LPDP. Dia banyak membantuku dalam proses persiapan untuk kuliah mengingat keputusanku untuk akhirnya berkuliah di UCL cukup berliku dan serba mepet. Aku benar-benar belum melakukan riset yang mendalam tentang London dan kehidupannya, termasuk flat tempatku hidup nanti. Akhirnya aku mempercayakan semuanya ke Idham, “Dham, pokoknya aku ikut kamu ya!” Alhamdulillah dia berkenan aku repotkan mulai dari pembayaran Down Payment (DP) tempat tinggal karena aku tidak punya Credit Card, pemilihan tanggal keberangkatan hingga teknis penjemputan di bandara Heathrow, London. Laki-laki yang masih termasuk keluarga dari Presiden RI ke-3 ini dengan sabar membantuku selama hidup bersama satu tahun di flat yang sama hingga aku menyelesaikan studiku di London.

Di bandara itu aku juga berkenalan dengan Amy. Perempuan yang sedang hamil muda dari Medan ini sempat sebelumnya tidur semalam di bandara sendirian karena pesawatnya dari Medan tiba satu hari sebelumnya sebelum hari keberangkatan kami. Aku kaget juga ketika tahu dia tidak memberitahu pihak maskapai bahwa dia sedang hamil, padahal yang aku tahu, terbang dalam kondisi hamil muda sangat berbahaya. Tapi Alhamdulillah semuanya baik-baik saja hingga akhirnya sang buah hati lahir dengan selamat di London.

Sama dengan Amy, aku juga mulai berkenalan dengan Jaki di bandara. Sayangnya aku tak mengenalnya sedekat aku mengenal Idham dan Amy, mungkin karena sebelum pertemuan itu kita tak pernah kontak-kontak secara intens. Yang aku tahu dia adalah salah satu pegawai negeri di lingkungan Kementerian Luar Negeri yang sedang menjalani tugas belajar di KCL. Selebihnya kami tak banyak bercakap-cakap. Mungkin karena aku yang jarang ke luar negeri ini terlalu sibuk menikmati setiap detik di perjalanan karena saking girangnya bisa ke luar negeri lagi setelah terakhir kali ke Malaysia pada tahun 2010. Selepas mendarat di London, aku praktis tak pernah bertemu dengannya lagi. Yang aku ingat, terakhir kali ketemu dengan Jaki adalah ketika aku sedang latihan PASKIBRA di KBRI London menjelang upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tahun 2016. Mungkin saat ini Jaki sudah kembali ke tempat kerja sebelumnya. Semoga sehat-sehat saja ya mas. 🙂

Menjelang boarding ke pesawat, suasana haru semakin menyelimuti. Keluarga besar Idham yang juga ikut mengantar ke bandara mulai mengambil beberapa foto sebagai kenang-kenangan sebelum terbang ke London. Amy yang memang sedari semalam sudah sendirian di bandara hanya bisa melihatnya dengan tenang. Begitu pun dengan keluargaku yang ketika aku tawari untuk berfoto bersama, ibuku menolaknya. Aku tahu perasaan keluargaku, mereka menahan tangis dengan sekuat tenaga agar terlihat tegar di depan anaknya yang akan pergi jauh. Aku, Idham, dan Amy mulai meninggalkan mereka dan memasuki bandara dengan penuh harap, semoga semuanya baik-baik saja dan selamat sampai tujuan. Aamiinn…

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Masih di UK: Take Off

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s