Bayangkan anda sedang dalam perjalanan ke suatu tempat yang anda sudah ketahui alamatnya, tapi sayangnya anda tak tahu kapan anda akan sampai. Benar bahwa anda bisa memperkirakan waktu tempuh dan kendaraan apa yang bisa anda gunakan, tapi tiba-tiba anda menyadari bahwa sebenarnya ada banyak sekali kemungkinan yang bisa menimpa anda di perjalanan. Macet, misalnya, hujan badai, uang anda hilang, dan banyak kemungkinan-kemungkinan lainnya. Yang anda lakukan biasanya adalah bersikap lebih waspada dan mengatur diri agar siap menghadapi semua kemungkinan-kemungkinan tadi.

Puncak dari semua ketidaktahuan anda itu adalah kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Mengatur Segalanya. Anda merasa tak kuasa kalau harus menghadapi semuanya itu. Anda merasa kecil, bahkan sangat kecil jika dibandingkan dengan luasnya alam semesta ini. Ternyata pengetahuan anda yang luas itu tak mampu memprediksi apa yang akan terjadi pada anda. Bahkan satu detik setelah ini pun anda tak bisa menjelaskan secara detail apa yang akan terjadi.

Karena anda pasrah dan percaya dengan kekuatan Tuhan, maka anda akan berusaha menikmati perjalanan itu. Anda menghayati setiap hembusan nafas yang masih bisa anda lakukan. Anda mencari hikmah dari setiap momen yang dilalui. Bahkan anda akan semakin rindu untuk bersujud kepada Tuhan. Bersimpuh merendahkan diri serendah-rendahnya di hadapan Dzat Yang Maha Besar, menundukkan kepala, menata hati, dan menanggalkan “ke-aku-an” anda.

Maka menurut saya, kesadaran bahwa perjalanan hidup yang dilalui adalah perjalanan panjang yang tak berkesudahan mampu membuat kita semakin menyelami siapa sebenarnya kita dan untuk apa sebenarnya kita hidup. Semoga kita senantiasa diberikan anugerah untuk selalu ingat dengan semuanya itu. Aamiinn…

[Konsep ini tiba-tiba muncul di dalam pikiran pada saat saya sedang dalam perjalanan kembali dari Cianjur menuju Jakarta. Malam tadi, masjid Terminal Kampung Rambutan, ketika bersimpuh di hadapan-Nya]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s