Selama ini kita hanya memandang dalam satu sisi. Apa yang kita pandang, kita generalisasikan untuk yang lain. Apa yang kita tahu, anggapannya hanya kitalah yang tahu. Lalu mereka yang kita anggap tak tahu kita beri tahu seperti majikan memakani ayamnya, seperti orang berduit memberi receh kepada pengemis jalanan.

Tak pernahkah kita mencoba mengenali mereka yang tak tahu kemana akan melangkah. Hidup dalam kesengsaraan menurut kita, tapi kebahagiaan menurut mereka. Hingga hari ini pun hal demikian itu menjadi jurang pemisah antara manusia ‘berada’ dengan orang pinggiran di sela-sela ketamakan perkotaan.

Kasih sayang hanya milik beberapa insan pilihan kita. Pilihan hati kita yang kita rasa sama derajatnya dengan kita atau yang lebih tinggi dari kita. Jika kita menganggap demikian, maka butalah kita. Dustalah kita sudah.

Padahal mereka yang tidur beralaskan kardus seadanya adalah orang-orang besar yang damai dengan hidupnya. Padahal mereka yang tak pernah tahu dimana keluarganya menikmati benar apa yang ia punya. Padahal mereka lebih percaya Tuhan dalam hatinya daripada kita yang meletakkan Tuhan hanya dalam taraf sajian. Di dapur kita masih mencari dimana Tuhan, tapi dalam penyajian kita memolesnya menjadi serba Tuhan. Hingga nama Tuhan dibawa-bawa. Tuhan diajak berdemo. Tuhan diajak memarahi. Dikiranya marahnya kita adalah marahnya Tuhan. Dikiranya Tuhan begitu lemah hingga perlu kita tolong.

Maka jagalah cahaya hati kita. Jagalah pikiran kita agar terus memancarkan cahaya Ilahi. Cahaya yang menerangi setiap kegelapan. Cahaya bagi khalayak manusia, bukan untuk golongan-golongan tertentu yang kita pilih. Pilihan Tuhan tak selamanya sama dengan pilihan kita. Dialah yang berkehendak kemana cahaya-Nya akan diterangkan dan kepada siapa cahaya-Nya akan dipancarkan.

Dialah Allah, Cahaya Maha Cahaya.

Bandung, 31 Desember 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s