Sudah lama aku tak posting ini blog. Hmm… baiklah, kini saatnya kembali mempostingkan diri di dalam tulisan tak bertata.

Diri. Untuk mengalahkannya, tak semudah mengucapkannya. Mengalahkan diri sendiri. seringkali kita mendengar kalimat itu. tapi apakah memang diri itu harus dikalahkan? lalu kalau sudah dikalahkan, siapa yang menjadi pemenang? Diri A atau diri B?

Aku sendiri mengerti maksud kalimat itu. intinya adalah kita jangan sampai menjadi budak bagi nafsu kita. Kita adalah tuannya. Kita adalah raja bagi diri kita sendiri.

Dari sini saja dapat diambil kesimpulan bahwa diri itu berbeda dengan kita. Jadi ada berapa unsur manusia itu? yang jelas lebih dari satu.

Kalau menurut penuturan Kyaiku ketika di kampung dulu. Diri itu terbagi menjadi tiga. Pertama adalah jasad. Kedua adalah Sukma, dan yang ketiga adalah Ruh.

Jasad ya yang kita saksikan saat ini. tubuh kita. Fisik kita. Tangan, kaki, telinga, dan lain-lain. pokoknya medium yang selama ini kita pakai untuk bertingkah di dunia.

Sukma. Nah ini nih, sudah mulai masuk ke ranah dzat yang tidak bisa kita indra secara jelas. Penjelasannya mungkin akan lebih gampang demikian.

Ketika manusia meninggal, maka jasadnya mati. Ia tak bisa bergerak lagi. Sedangkan sukma masuk ke dalam alam kubur, dan ruh itu menjadi urusan Allah.

Yang merasakan adanya siksa kubur itu sukmanya. Sukma juga merasakan adanya kiriman doa dari para manusia yang masih hidup.

Sedangkan ruh, manusia hanya diberi ilmu sedikit untuk memahami fenomena ruh. Hal ini sesuai dengan firman Allah di dalam Al-Quran yang intinya kita hanya diberi sedikit ilmu mengenai ruh, sisanya menjadi urusan Allah.

Ah, mengapa jadi melantur seperti ini? Hehe…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s