Istilah adolescence atau remaja berasal dari kata Latin adolencere (kata bendanya, adolescentia yang berarti remaja) yang berarti “tumbuh” atau “tumbuh menjadi dewasa.”

Hurlock (1980: 206) mengartikan remaja adalah usia di mana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia di mana anak tidak lagi merasa di bawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah hak.

Harold (Nurihsan: 2011: 55) menyatakan bahwa periode masa remaja itu kiranya dapat didefinisikan secara umum sebagai suatu periode dalam perkembangan yang dijalani seseorang yang terbentang semenjak berakhirnya masa kanak-kanaknya sampai datangnya awal masa dewasanya.

Konopka (Yusuf: 2009: 9) menyatakan bahwa masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan siswa, dan merupakan masa transisi (dari masa anak ke masa dewasa) yang diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat.

Ditilik dari segi usia, siswa SLTP (SMP dan MTs) dan SLTA (SMA, MA, dan SMK) termasuk fase atau masa remaja. Fase remaja merupakan salah satu periode dalam rentang kehidupan siswa. Menurut Konopka (Yusuf: 10) fase ini meliputi (1) remaja awal: 12-15 tahun, (2) remaja madya: 15-18 tahun, dan (3) remaja akhir: 19-22 tahun. Jika dilihat dari klasifikasi usia tersebut, maka siswa sekolah menengah (SLTP dan SLTA) termasuk ke dalam kategori remaja awal dan madya.

 

Daftar Pustaka:

Hurlock. E. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Nurihsan, A. J. dan Agustin, M. (2011). Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Yusuf, S. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

 

Advertisements

One thought on “Konsep Remaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s