A.      DIRI

Self” adalah sebuah konsep abstrak yang membantu kita untuk mengerti tentang komposisi psikologis. Tapi, karena konsep abstrak, kita tidak selalu sadar akan pengaruhnya dalam diri kita, apalagi pada orang lain.

Pemahaman diri sangat penting dan integral untuk menentukan pikiran, perasaan, tindakan, dan bagaimana kita memandang dunia dan diri kita sendiri serta orang lain di dunia, termasuk hubungan kita dengan orang lain, tempat, benda, dan peristiwa. Singkatnya, pemahaman diri merupakan inti dari keberadaan kita, secara tidak sadar dan otomatis mempengaruhi setiap pikiran, tindakan, dan perasaan kita. Setiap individu membawa dan menggunakan atribut internal untuk memandu pikiran dan tindakannya dalam situasi sosial yang berbeda.

 

B.       KEBUDAYAAN DAN DIRI

Karena budaya berbeda, kemudian kebudayaan yang berbeda menghasilkan konsep diri yang berbeda, dan konsep diri yang berbeda pada gilirannya, mempengaruhi semua aspek lain dari perilaku individu. Artinya, orang yang benar-benar mengerti dan memahami dirinya akan mempunyai budaya yang berbeda. Pemahaman diri dalam budaya Amerika yang didominasi individualistis belum tentu mempunyai arti yang sama dengan pemahaman diri seperti yang didefinisikan oleh budaya lain, terutama yang kolektif. Perbedaan-perbedaan dalam konsep diri terjadi karena budaya yang berbeda yang berhubungan dengan sistem, aturan hidup, keberadaan di lingkungan sosial dan ekonomi yang berbeda dan habitat alami. Budaya yang berbeda yang terjadi pada individu berarti bahwa individu harus mengintegrasikan, mensintesis, dan mengkoordinasikan dunia mereka. Singkatnya, mereka memiliki fundamental konsep diri yang berbeda.

 

Sumber Buku:

Matsumoto, D. (2000). Culture and Psychology. Belmont: Wadsworth.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s