Tiap kebudayaan memiliki pengetahuan tentang kompetensi-kompetensi apa saja yang dibutuhkan agar bisa berfungsi secara memadai (Ogebu, 1981). Kompetensi-kompetensi ini berbeda-beda antar budaya dalam lingkungan, dan anak-anak tersosialisasi dalam ekologi-ekologi yang mendorong berkembangnya kompetensi tertentu (Harrison, Wilson, Pine, Chan, & Buriel, 1990).

Namun, pada suatu saat dalam kehidupan kita, kita harus mempelajari aturan-aturan dan pola perilaku. Budaya, dalam arti yang paling benar dan luas, melibatkan begitu banyak aspek yang berbeda dari kehidupan yang tidak mungkin untuk hanya duduk di suatu tempat dan membaca buku dan belajar, apalagi secara menyeluruh, itulah budaya. Budaya harus dipelajari dalam proses berkepanjangan, selama periode yang cukup lama, dengan banyak praktik. Belajar ini melibatkan seluruh aspek dari seluruh aspek pembelajaran yang telah diidentifikasi oleh psikolog selama bertahun-tahun, termasuk pengkodisian klasik, dan belajar sosial.

Sosialisasi adalah proses dimana kita belajar dan menginternalisasikan aturan-aturan dan pola perilaku yang dipengaruhi oleh budaya. Proses ini terjadi dalam selama jangka waktu yang melibatkan belajar dan menguasai norma-norma sosial dan budaya, sikap, nilai, dan sistem kepercayaan.

Berkaitan erat dengan proses sosialisasi adalah proses yang disebut enkulturasi. Ini adalah proses di mana anak-anak belajar dan mengadopsi cara dan sikap budaya mereka. Ada perbedaan di antara kedua istilah ini. Sosialisasi umumnya lebih mengacu pada proses aktual dan mekanisme, orang mempelajari aturan masyarakat dan budaya-apa yang dikatakan kepada konteks siapa dan di mana. Enkulturasi umumnya mengacu pada produk dari proses sosialisasi-subjektif, yang mendasarinya, aspek psikologis budaya yang menjadi terinternalisasi melalui perkembangan. Persamaan dan perbedaan antara istilah enkulturasi dan sosialisasi dengan demikian berkaitan dengan persamaan dan perbedaan antara budaya persyaratan dan masyarakat.

Sumber Buku:

Matsumoto, D. (2000). Culture and Psychology. Belmont: Wadsworth.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s