UU No.23,1992 tentang Kesehatan menyatakan bahwa: Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Dalam pengertian ini maka kesehatan harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh terdiri dari unsur-unsur fisik, mental dan sosial dan di dalamnya kesehatan jiwa merupakan bagian integral kesehatan.

Di negara maju kebanyakan orang mengidap hypo-chondriacal, ini disebabkan karena kesadaran kesehatan sangat tinggi dan takut terkena penyakit sehingga jika dirasakan sedikit saja kelainan pada tubuhnya, maka akan langsung ke dokter, padahal tidak terdapat gangguan fisik yang nyata. Keluhan psikosomatis seperti ini lebih banyak ditemukan di negara maju daripada kalangan masyarakat tradisional. Umumnya masyarakat tradisional memandang seseorang sebagai sakit, jika orang itu kehilangan nafsu makannya atau gairah kerjanya, tidak dapat lagi menjalankan tugasnya sehari-hari secara optimal atau kehilangan kekuatannya sehingga harus tinggal di tempat tidur (Sudarti, 1988).

Penelitian menunjukkan dimana siswa Meksiko lebih sedikit memperhatikan berat badan mereka sendiri, dan lebih banyak menerimanya dari orang gemuk, dibandingkan dengan siswa Amerika. Apalagi, sikap anti-gemuk di Amerika Serikat muncul untuk menjadi bagian dari satu ideologi sosial yang memegang individu bertanggungjawab untuk hasil hidup mereka.

Dalam bimbingan dan konseling, konseli merupakan bagian dari budayanya yang secara langsung mempengaruhi perilaku konseli tersebut. Tetapi tidak semua budaya yang dipegang oleh konseli itu baik untuk kesehatan fisiknya. Sehingga, konselor diharapkan dapat membantu mengarahkan konselinya pada kebiasaan yang baik, yang berimbas pada perubahan perilaku konselinya yang lebih baik. Dan akhirnya, menghasilkan keadaan kesehatan fisik konseli yang baik pula.

 

Sumber Buku:

Matsumoto, D. (2000). Culture and Psychology. Belmont: Wadsworth.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s