Gender merupakan konstruksi budaya yang dapat dilihat dari perilaku yang ditampakkan oleh individu. Secara khusus perilaku tersebut memperlihatkan perbedaan antara laki-laki dan perempuan dilihat dari aktifitas yang ditunjukan, namun aktivitas-aktivitas yang membedakan keduanya tersebut berbeda disetiap budaya. Semakin jelas pula perbedaan antara gender dengan seks atau jenis kelamin, dimana seks itu bersifat biologis dan fisiologis sedangkan gender lebih bersifat psikis.

Matsumoto menginterpretasikan perubahan ini sebagai bukti dari evolusi terus menerus di lapangan, mirip dengan apa yang terjadi dalam kaitannya dengan gender. Psikologis seorang individu itu terus menerus mengalami perubahan seiring perkembangan lingkungannya. Banyak hal menjadi faktor untuk seorang individu melakukan adaptasi dan perubahan-perubahan dalam bersikap atau bertingkah laku.

Salah satu yang mempengaruhinya adalah budaya. Dalam suatu budaya tentu memiliki kekhasan tersendiri. Dilihat dari tradisi atau kebiasaan-kebiasaan dalam hal berperilaku tentu setiap budaya memiliki perbedaannya.

Dalam hal ini terdapat 3 hal yang saling mempengaruhi yaitu budaya yang akan mempengaruhi cara berperilaku seorang individu, tentunya perilaku dari budaya tersebut beberapa ada yang membedakan antara perilaku yang ditampakkan oleh perempuan maupun oleh laki-laki alias gender. Tentunya jika ada hal yang membedakan seperti itu, maka akan muncul pula pola-pola atau karakteristik psikologis yang berbeda antara perempuan dan laki-laki.

 

Sumber Buku:

Matsumoto, D. (2000). Culture and Psychology. Belmont: Wadsworth.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s