Tipe-tipe Keputusan

a. Keputusan individu versus keputusan institusional

Dalam konteks keputusan individu, sering muncul dua hal yang menjadi perhatian. Pertama, uji psikologi memiliki kemungkinan dampak negatif terhadap individu. Kedua, tes kemungkinan akan merubah keputusan atau langkah-langkah seseorang, dan perubahan ini tidak selalu menguntungkan.

Dua isu dominan yang berkaitan mengenai kontroversi dari dampak tes psikologi dalam keputusan institusional: (1) akurasi keputusan, (2) keadilan dalam mengambil keputusan.

b. Komparatif versus keputusan absolut

Baik itu individu dan institusi selalu dihadapkan dengan beragam pilihan dan keputusan, diantaranya yang menyangkut perbandingan dua orang atau lebih, objek, pilihan-pilihan, dan sebagainya. Selain itu menilai seseorang, objek, opsi, dan yang lainnya termasuk bagian dari pilihan dan keputusan itu sendiri. Satu ciri utama dari keputusan komparatif adalah mereka tidak membutuhkan informasi untuk sebuah keputusan yang absolut.

Keputusan absolut tidak melingkupi dua pilihan yang eksplisit; tetapi, keputusan absolut melingkupi sebuah keputusan mengenai seorang individu, opsi, atau pun objek. Jika dibandingkan dengan keputusan komparatif, keputusan yang absolut membutuhkan pengukuran yang lebih terukur dan tepat.

Kecemasan Masyarakat
Penelitian, diskusi dan debat berkaitan dengan efek sosial dari uji psikologis berhubungan dengan topik dan isu yang lebih luas. Bagaimanapun, ada tiga isu yang menjadi dominan: (1) pengaruh ujian terhadap masyarakat, (2) tingkatan level tes yang dapat mengganggu privasi individu, dan (3) kejujuran saat tes. Dua dari yang menjadi isu disini, kesulitan tes dan kejujuran saat ujian, saling mendahului yang menyebabkan kejujuran dalam sebuah tes seringkali bergantung pada sulit atau mudahnya tes tersebut. Meskipun begitu, akan lebih berguna jika kita memandang tiga persoalan ini secara terpisah.

Kerahasiaan
Satu kekhawatiran potensial adalah bahwa hasil tes psikologis mungkin menjadi tersedia untuk orang yang tidak sah untuk menggunakan hasil ini. Standar yang mengatur pengujian profesional (misalnya, standar untuk pendidikan dan pengujian psikologis) sangat ketat dalam hal melindungi kerahasiaan hasil tes.

Persetujuan Informasi
Dalam penelitian psikologi, peneliti biasanya harus mendapatkan persetujuan dari subyek dilakukan sebelum melakukan penelitian. Artinya, subyek harus diberi tahu tentang tujuan umum dan sifat penelitian, serta kemungkinan bahaya dan ancaman yang terlibat, dan mereka umumnya harus tahu apa yang mereka masuk ke sebelum berpartisipasi dalam sebuah proyek penelitian. Beberapa pedoman pengujian juga memerlukan persetujuan informasi untuk beberapa aplikasi pengujian. Seseorang yang tidak tahu apa tes atau prosedur penilaian dirancang untuk mengukur tidak bisa memberikan persetujuan informasi yang lengkap untuk pengujian. Kurangnya persetujuan informasi dalam beberapa situasi mungkin pengujian memberikan kontribusi perasaan bahwa tes psikologis melanggar privasi seseorang.

Penggunaan Tes dan Kebenaran Tes
Meskipun proses pengujian dan hasil pengujian adalah persoalan terpisah, keduanya memberikan persepsi akan kepercayaan dan ketidakpercayaan, mereka tidak sepenuhnya berdiri sendiri. Proses penyajian ( mulai dari pelaksanaan tes sampai memutuskan tes mana yang akan digunakan) dengan hasil pengujian pada hakikatnya dapat mempengaruhi persepsi akan kebenaran. Secara umum, sebuah tes akan dianggap tidak terpercaya ketika (1) mengarah kepada keputusan yang merugikan beberapa kelompok, (2) menjadi satu-satunya dasar dalam membuat keputusan, (3) akibat buruk dari tes adalah kerugian (Seymour, 1988).

Buku Asli:
Murphy, K. R. & Davidshofer, C. O. (2005). Psychological Testing: Principles and Applications. New Jersey: Pearson.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s