Definisi Kepribadian

Menurut Gordon W. Allport, kepribadian adalah suatu organisasi yang dinamis dari sistem psiko-fisik individu yang menentukan tingkah laku dan pemikiran individu secara khas. Terjadi Interaksi Psiko-fisik mengarahkan tingkah laku manusia. Kepribadian adalah ciri, karakteristik, gaya atau sifat-sifat yang memang khas dikaitkan dengan diri kita. Dapat dikatakan bahwa kepribadian itu bersumber dari bentukan-bentukan yang kita terima dari lingkungan, misalnya bentukan dari keluarga pada masa kecil kita dan juga bawaan yang dibawa sejak lahir. Jadi yang disebut kepribadian itu sebetulnya adalah campuran dari hal-hal yang bersifat psikologis kejiwaan dan juga yang bersifat fisik.

Tes kepribadian merupakan salah satu aplikasi instrumentasi, aplikasi instrumentasi  adalah  upaya pegungkapan melalui pengukuran dengan memakai alat ukur atau instrument tertentu. Hasil aplikasi ditafsirkan, disikapi dan digunakan untuk memberikan perlakuan terhadap konseli dalam  bentuk layanan Bimbingan dan Konseling.

Macam-macam Tes Kepribadian

1. Pengukuran Objektif Test Kepribadian

Tes kepribadian sering diklasifikasikan sebagai salah satu tujuan proyektif, tergantung pada struktur dan kejelasan tugas yang dituntut dari peserta ujian. Menurut skema klasifikasi ini, tes objektif dianggap terstuktur, jelas, tidak ambigu item tes yang objektif dihitung secara skor.

2.   California Psichological Inventory (CPI)

California Psichological Inventory (CPI) pada awalnya dikembangkan dan pertama terpublikasi oleh Harrison Gough pada 1957. Tigapuluh tahun kemudian Gough memperbaiki barang inventarisnya dengan menambahkan beberapa skala baru dan merubah atau menghilangkan sejumlah tertanggal, sexist, atau sulit ke butir data bacaan. Versi saat ini dari CPI (Gough, 1987) kandung 462 benar butir data salah mendisain ukur berbagai segi dari kperibadian normal. Ini dimaksudkan dipergunakan dengan berdua anak remaja dan dewasa untuk meramalkan bagaimana individu akan mempunyai dan bereaksi di berbagai keadaan dengan hubungan antar pribadi.

3. Penelitian kepribadian Bentuk PRF

Penelitian kepribadian bentuk (PRF) dikembangkan dan terpublikasi oleh Metode Desain Jackson Douglas pada 1967. Ini mewakili satu secara relatif orang pintar dalam hal dunia coba untuk mengukur dimensi dari pesonality normal. ini adalah berlandaskan variabel dari kepribadian mula-mula Henry bby terdefinisi Murray dan rekan sejawatnya pada Klinik Psikologis Harvard (Murray, 1938). test ini ada tersedia pada beberapa bentuk yang membedakan di dalam panjangnya dan pada angka dari variabelnya Murray kaji. karakteristik yang dipilih untuk penilaian pada PRF adalah itu menilai paling penting atau paling relevan untuk mengaji satu area lebar dari hidup pribadi dan berfungsi.

4. Edwards Personal Preference Schedule

Dikembangkan oleh Allen Edwards dan pertama kali diterbitkan pada 1954, Edwards Personal Preferensi Jadwal (EPPS) merupakan suatu upaya baru untuk mengurangi dampak kecenderungan sosial dalam penilaian kepribadian. Edwards mulai dengan 15 kepribadian operasional mendefinisikan kebutuhan laten yang digariskan sebelumnya oleh Murray dan rekan-rekannya di Harvard Psychological Clinic (Murray, 1938).

Manfaat Tes Kepribadian

Tes kepribadian dimanfaatkan sebagai alat untuk mengukur ciri kepribadian atau karakter yang dimiliki oleh individu. Ini dilakukan sebagai dasar penilaian untuk membantu menentukan langkah-langkah pengembangan potensi yang dimilikinya. Jenis tes tersebut diantaranya Rorschach Inkblot Uji dan Tematik Apperception Test.

Implikasi Tes Kepribadian Terhadap Bimbingan dan Konseling

Aplikasi instrumentasi tes kepribadian digunakan dan mendukung penyelenggaraan jenis-jenis layanan dan kegiatan pendukung  mulai dari perencanaan program, penetapan inidividu, menetapkan materi layanan, sebagai  bahan evaluasi dan pengembangan program.

 

Buku Asli:

Murphy, K. R. & Davidshofer, C. O. (2005). Psychological Testing: Principles and Applications. New Jersey: Pearson.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s