Istilah  interests test (Tes Minat), indikatornya terkait dengan ketertarikan atau minat  individu terhadap area atau aktivitas bidang kerja, misalnya apakah suka bekerja dengan angka, kegiatan menganalisis, bertemu dengan orang, menjual, dan sebagainya.

Jenis informasi yang paling sering digunakan untuk menentukan kesesuaian sebuah pekerjaan untuk seorang individu adalah minat. Minat merupakan kesukaan atau pilihan, atau didefinisikan agak sedikit berbeda, adalah hal yang dinikmati seseorang.

Empat tes minat yang banyak digunakan untuk memeriksa bagaimana tes minat dibentuk, mengamati sifat psikometrik tes minat dan menggali bagaimana tes minat digunakan oleh para psikolog. Untuk membantu menggambarkan penggunaannya, pengujian sampel profil dan pengajian diskusi disajikan untuk setiap tes.

Empat tes minat tersebut yaitu, Strong Interest Inventory (SII), Kuder Occupational Interest Survey (KOIS), Career Assessment Inventory (CAI), dan Jackson Vocational Interest Survey (JVIS). Setiap tes ini dipilih untuk alasan tertentu.

SII merupakan salah satu tes psikologis tertua dan hingga saat ini telah digunakan dan menjadi cara yang dominan dalam bidang pengukuran psikologis. Survey tes minat tidak akan lengkap tanpa melihat SII. KOIS disertakan karena merupakan konstruksi tes divergen filsafat dan juga memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan penelitian yang digunakan dilapangan. CAI memiliki banyak kemiripan dengan SII, namun kontribusinya berbeda yaitu kemampuannya untuk mengukur kepentingan orang ditingkat ekonomi sosial yang lebih rendah di masyarakat kita. Sedangkan JVIS relatif baru karena tes ini dikembangkan dengan menggabungkan beberapa kontemporer teknik pengembangan tes dan dengan menawarkan fitur menarik menjadi hand-scoreable, seperti salah satu dari pendahulunya. Setiap tes ini dipilih untuk alasan tertentu.

The Strong Interest Inventory, Mengukur minat kejuruan membantu menempatkan seseorang dalam posisi yang tepat dimulai dengan sungguh-sungguh pada saat perang dunia 1. Setelah perang, psikolog mulai melihat potensi menggunakan tes minat untuk membantu masyarakat yang lebih baik dan agar dapat merencanakan karirnya.

Kuder, strategi ini untuk konstruksi skala menghasilkan hasil percobaan yang mengungkapkan kelemahan dan kekuatan relatif di dalam perorangan, dibanding kemutlakan tingkat suatu ciri atau faktor di dalam yang individu.

Career Assesment Inventory (CAI), Pengembangan career assessment inventory telah dikembangkan oleh Charless Johanssen dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1975 oleh National Computer Systems.inc ini pada awalnya dirancang untuk mengukur kepentingan orang-orang yang menginginkan karir yang tidak memerlukan empat tahun gelar sarjana. Format keseluruhan CAI juga sebagai derivasi yang mirip dengan yang digunakan dalam SII. Pengembangan CAI termasuk dua modifikasi substansial. Namun yang meningkatkan sifat-sifat yang psikometri.

Jacson vocational interest survey, JVIS  pertama muncul ditahun 1977, menunjukkan percobaan baru dalam pengukuran minat. Satu hal yang menarik dalam tes ini adalah adanya dua cara dalam scoring yaitu dengan manual dengan tangan dan mesin. Untuk mengefisienkan waktu. Ini merupakan cara survey baru yang masih relative dengan beberapa metode konstruk tes yang dikerjakan dalam perkembangan JVIS cukup berpengalaman  serta konsekuen. Jacson mampu membuat instrument dengan property psikometri yang superior.

 

Buku Asli:

Murphy, K. R. & Davidshofer, C. O. (2005). Psychological Testing: Principles and Applications. New Jersey: Pearson.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s