Sebuah studi yang ditempuh oleh para mahasiswa ataupun insan pembelajar lainnya tentu berlandaskan atas adanya keinginan untuk mencapai sebuah cita-cita dalam dirinya. Tidak jarang dari mereka menempuh studi agar mendapatkan pekerjaan yang nyaman dan mendapat gaji yang besar. Tidak jarang juga diantara mereka yang benar-benar ingin menuntut ilmu yang hanya mereka dapatkan di dalam kampus atau lembaga pendidikan lainnya.

Tidak ada sebuah takaran yang pasti tentang seberapa sukses sebuah studi yang ditempuh oleh seseorang. Masing-masing individu tentu mempunyai takaran sendiri-sendiri dalam hidupnya, namun masyarakat awam sering melihatnya hanya dari pekerjaan yang mereka dapatkan setelah melakoni perjalanan studi yang cukup panjang. Padahal penilaian tersebut tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah.

Pekerjaan yang didapatkan oleh seseorang tidak semuanya ditentukan oleh kesuksesan studi yang diraih oleh mahasiwa, tetapi justru yang menjadi penentu paling besar dalam menentukan pekerjaan yang didapatnya adalah adanya relasi dan juga campur tangan dari Sang Maha Kuasa. Lihat saja, banyak mahasiswa yang sebenarnya Indeks Prestasi Kumulatif-nya sedang-sedang saja tetapi mendapatkan posisi yang tinggi di dalam sebuah perusahaan. Contoh tersebut mengisyaratkan bahwa tidak sepenuhnya keberhasila studi menentukan pekerjaan yang diraihnya.

Kesuksesan dalam menuntut ilmu sebenarnya dapat dilihat dari sejauh mana individu dapat memanfaatkan dan menerapkan ilmu yang didapatnya ke dalam lingkungan masyarakat, baik itu di dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaannya. Justru ketika mereka benar-benar ikhlas menerapkan ilmu yang didapatnya ke dalam masyarakat bukan tidak mungkin “sejarah” mencatatnya sebagai orang-orang yang mengabdikan diri dan apa yang dimilikinya demi kesejahteraan umat. Di sinilah sebenarnya peran ilmu untuk memajukan peradaban manusia, karena ilmu itu tidak akan bermanfaat tanpa adanya sebuah aksi dari insan pembelajar untuk menerapkan ilmu pengetahuaannya ke dalam kehidupan sehari-harinya dan juga masyarakat luas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s