Diceritakan pada tahun 1943, KH. Hasyim Asy’ari diserang demam yang sangat hebat. Ketika telah masuk waktu dzuhur, Mbah Hasyim memaksakan diri bangkit dari tempat tidur menuju kolam untuk mengambil air wudlu. Ia berjalan sambil dipapah oleh kedua putranya. Setelah mengambil air wudlu, Mbah Hasyim memakai baju rapi disertai sorban untuk menuju masjid. Melihat hal ini, salah seorang putranya, Abdul Karim, berkata, “Ayah, demam ayah sangat parah. Sebaiknya ayah shalat di rumah saja!”

“Ketahuilah anakku, api neraka itu lebih panas dari pada demamku ini!” Kemudian dia bangkit dari duduknya dan berjalan menuju masjid dengan dipapah putranya.

Sepulang dari masjid, penyakitnya semakin parah. Sanak famili dan putra-putranya berdatangan. Badannya terbujur lemah di atas tempat tidur. Kedua matanya terpejam. Ia tak sadarkan diri. Tapi tak lama kemudian, matanya terbuka seraya meneteskan air mata.

Adik perempuannya berkata, “Di manakah yang terasa sakit?”

Dengan nada sedih, Mbah Hasyim menjawab, “Aku menangis bukan karena penyakitku, bukan pula karena takut mati atau berat berpisah dengan famili. Aku merasa belum mempunyai amal shaleh sedikitpun. Masih banyak perintah-perintah Allah yang belum aku kerjakan. Alangkah malunya aku menghadap Allah dengan tangan hampa, tiada mempunyai amal kebaikan sedikitpun. Itulah sebabnya aku menangis.”

Sumber: buku “Cermin Bening dari Pesantren: Potret Keteladanan Para Kiai”

Pelajaran yang bisa diambil:

Ulama sekelas KH. Hasyim Asy’ari yang termasuk ke dalam Hadratussyekh atau bisa kita artikan sebagai “Tuan Guru Besar” saja masih merasa belum memiliki amal shaleh sedikitpun, apalagi kita sebagai manusia biasa yang tentunya tidak luput dari dosa dan kesalahan?

Tuhanku yang Maha Pemaaf, ampunilah dosa-dosa kami. Bimbinglah kami agar selalu di jalanMu. Lindungilah kami dari godaan setan yang terus-menerus menggoda kami untuk berbuat dosa. Hanya kepada Engkau kami meminta pertolongan.

Ammiinnn . . .

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s