Hari ini. Minggu 2 Januari 2010. Aku gagal pulang dengan menggunakan kereta api pagi seperti biasa. Kereta penuh sesak dengan orang yang ada sehingga tiket pun tak dilayani oleh pihak stasiun. Kesal? Kecewa? Otomatis menjalar ke seluruh tubuhku. Tapi aku mencoba sabar dan menerima bahwa mungkin ini suratan takdir dari-Nya. Aku pun mencoba berpikir positif akan kejadian ini. Mungkin ALLAH mempunyai maksud lain dengan kejadian ini. Mungkin jika aku memaksakan menaiki kereta itu, nyawaku jadi berbahaya atau mungkin akan kecopetan karena kereta penuh sesak. Hmm. Begitu mulia maksud ALLAH kepada hamba-Nya.

Aku pulang dengan perasaan kecewa bercampur kesal sembari menaiki motorku. Rencana berubah. Aku pulang naik motor hari ini, tapi sebelum itu, motor harus di servis terlebih dahulu agar selamat di jalan karena sebelumnya, ada sedikit masalah di cakram depan. Perjalanan pulang ke rumah saudara aku telusuri dan ternyata memang belum ada satu bengkel pun yang buka sepagi itu. “Mungkin memang ALLAH menghendakiku untuk menunda kepulanganku ke kampung halaman.” Aku mencoba berpikir positif lagi.

Sampailah aku bersama saudaraku di rumah saudara yang jaraknya tak begitu jauh dari stasiun kereta. Dan ya, dugaanku benar adanya. Seisi rumah bertanya dengan pertanyaan yang sama persis. “Kenapa balik lagi?” Oh, God. Pertanyaan itu sungguh menambah kesal dan kecewanya hati ini. Tetapi kembali aku hanya bisa tersenyum dan menjawab, “Keretanya penuh.” Walaupun sebenarnya aku sangat kecewa karena tidak bisa menemui keluarga tercinta di kampung halaman hari ini.

Lalu terbesit dalam pikiranku bahwa aku harus masuk kamar, menyalakan laptop, lalu kutuangkan kekecewaanku ini dalam sehelai kertas word agar aku merasa sedikit nyaman. Dan nampaknya memang benar. Aku saat ini sudah mulai bisa mengambil sisi positif dari kejadian ini dan berpikir responsif atas kejadian ini. Ya Tuhan, sabarkanlah hamba dan tunjukkan jalan yang terbaik untuk hamba-Mu ini ya Rabb. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s