Masyarakat Australia saat ini tengah gemar memakan daging kanguru. Berita tersebut saya dengar baru saja dari salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia. Para kalangan berpendapat bahwa membunuh kanguru merupakan hal yang kejam. Selain itu, proses pengolahan daging kanguru tersebut juga dinilai tidak higienis.

Seperti yang saat ini dilakukan di Australia bahwa para pemburu kanguru memburu kanguru dengan cara menembaknya dengan senapan api laras panjang dan biasanya dilakukan pada malam hari. Para pemburu juga ikut menanggapai perkataan para kalangan yang mengatakan bahwa membunuh kanguru merupakan hal yang kejam. Para pemburu mengatakan bahwa memburu kanguru merupakan hal yang tidak kejam dengan alasan para pemburu menembak kanguru pada kepalanya sehingga dia tidak merasakan sakit yang berkepanjangan.

Umumnya para pemburu menembak induk kanguru yang masih menggondong anaknya. Anaknya memang tidak mati, tetapi anak kanguru tidak bisa bertahan lama tanpa kehadiran induknya.

Terlepas dari kejam atau tidaknya membunuh kanguru, saya mencoba melihat dari sisi yang berbeda. Apakah dengan terus menerus kanguru diburu dan dibunuh tidak akan mengakibatkan kepunahan pada kanguru tersebut? Lalu bagaimana nanti jika kanguru benar-benar punah dari muka bumi ini? Aneh terkadang jika saya boleh bilang. Manusia itu terlalu berpikir here and now. Maksudnya mereka berpikir sekarang dan kebutuhan sekarang. Seperti kasus di atas yang sebenarnya jika kita bisa lebih bijak, bisa mencari makanan lain selain kanguru. Saya walaupun bukan warga negara Australia juga ikut merasa prihatin akan kasus ini. Egois mereka yang hanya memikirkan perut mereka sendiri tanpa memikirkan masa depan anak cucunya dan kelangsungan kanguru itu sendiri tentunya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s