Jadi ingat masalah pertukatan mahasiswa yang dari UPI ke UM. Dari UM ke UPI juga jurusan psikologi konseling doank, kok yang dari UPI dari berbagai jurusan? Apakah ini yang disebut pertukaran pelajar? Atau hanya melancong saja mahasiswa UPI di sana? Menurut pemahaman aku kalau pertukaran mahasiswa tentunya yang dari sama-sama jurusan donk. Dari UM ke UPI juga ikut kuliah dan bergaul dengan mahasiswa PPB, eh kok malah yang berangkat ke UM dari berbagai jurusan? Rasionalisasinya seperti apa?

Bukan berarti aku mengusung jurusanku sendiri, tetapi apakah ini yang disebut pertukaran mahasiswa? Hal ini yang menimbulkan banyak pertanyaan. Baik dari aku pribadi yang lebih kurang tahu bagaimana SE itu dilaksanakan, maupun dari pihak-pihak yang merasa membutuhkan kejelasan dari rasionalisasi hal ini. Sehingga banyak menimbulkan banyak spekulasi dalam hal ini. Apakah ada kecemburuan sosial dari jurusan lain karena dirasa PPB menguasai UPI karena rektor UPI juga dari jurusan PPB? Atau apa? Ah, bukan kewenanganku berspekulasi seperti itu. Dan aku di sini hanya ingin berbagi cerita karena aku tak sanggup jika mengubur cerita ini sendiri.

Oia satu lagi, UM sebenarnya sudah menyusun program untuk para calon konselor-yang dalam hal ini adalah mahasiswa dari PPB-berbulan-bulan yang lalu jika mahasiswa PPB datang ke UM untuk timbal balik kedatangan UM ke UPI. Tetapi semua program itu tentu tidak jadi dilaksanakan. Karena apa? Karena UPI mengirim mahasiswa bukan hanya dari jurusan PPB, melainkan dari berbagai jurusan yang berada di UPI. Ah, sudahlah. Itu urusan orang yang berada di dalam kepemimpinan. Aku sebagai wong cilik tidak bisa berbuat apa-apa. Dan sekali lagi aku tegaskan di sini, aku hanya menyampaikan pendapat atau unek-unek tanpa ada maksud men-judge seseorang atau instansi terkait. Negara ini negara hukum dan demokrasi. Setiap orang berhak untuk berpendapat dan mengeluarkan aspirasinya.

Terakhir aku hanya bisa berpesan, yang sungguh-sungguh di UM ya wahai para pembawa nama besar UPI. Jangan sia-siakan amanah ini. Selamat untuk kalian semua. Semoga ilmu yang didapat di sana bisa bermanfaat bagi orang banyak. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s