Go green… go green… go green… entah kapan lagi bumi ini akan hijau kembali. Tak ada yang sadar akan hal itu. Semua sudah sibuk dengan urusan masing-masing tanpa peduli hal yang sangat menunjang untuk kelangsungan hidup manusia. Bayangkan saja jika bumi ini terus memanas dan memanas. Sekarang saja sudah banyak orang yang merasakan panasnya bumi kita sampai mengeluh terus-menerus akan rasa panasnya. Tak henti seruan pemerintah untuk penghijauan. Tapi tetap saja acuh tak acuh menjadi sifat dari manusianya. Apakah engkau akan menunggu datangnya musibah dahulu baru kemudian engkau sadar wahai manusia?

Jika kita menilik dari sisi agama, bahwa manusia itu dijadikan sebagai khalifah di muka bumi ini. Dan setiap manusia akan dimintai pertanggung jawaban di akhirat kelak. Bukankah kita semua adalah khalifah di muka bumi ini?

Mari teman kita lakukan perubahan kepada bumi ini untuk menjadi hijau kembali. Tidak usah muluk-muluk terlebih dahulu dalam menjalankan misi ini. Awalilah dengan hal kecil terlebih dahulu dan dimulai dari diri kita sendiri. Jika kita tidak bergerak dari sekarang, mau menunggu sampai kapan lagi untuk menyelamatkan bumi ini? Apakah mau menunggu bumi ini hangus terbakar?

Kepada siapa seharusnya kita mengadu? Kepada siapa seharusnya kita mempersalahkan? Apakah bumi kita yang salah? (rasanya tidak benar). Apakah kita sendiri yang salah? (mungkin begitu). Sepertinya memang benar bahwa jaman sekarang adalah jaman kehancuran dimana manusia sudah mementingkan ego mereka masing-masing. Tapi apakah kita masih bisa menyelamatkan bumi yang kita tempati ini? Jawabannya “masih”. Masih sekali jika kita mau berusaha dan berusaha. Diri kitalah yang seharusnya mengawali semua itu. Banyak perilaku yang akan membantu menyelamatkan bumi. Antara lain:

1. Tidak menebang pohon secara liar
Kalimat ini sering kita dengar dalam pembelajaran sekolah ketika materi bersangkutan dengan masalah hutan. Karena memang cara tersebut merupakan cara yang paling efektif dalam menyelamatkan bumi. Banyak kita melihat para perusahaan penebangan pohon menebang dengan tidak tebang pilih. Sebenarnya pemerintah sudah mencanangkan peraturan bagi para pengusaha tersebut dengan cara mengganti pohon yang ditebang dengan bibit pohon baru. Tapi seperti kita ketahui bersama bahwa hal itu seperti dianggap fiktif belaka (lho ?). Hal itu ibarat angin yang masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Ada saja cara mereka untuk melakukan kelicikan mereka. Dan ironisnya lagi, para penjaga hutan juga sudah berkompromi untuk memuluskan jalan para mafia tersebut. Jika sudah begini, mau dibawa kemana bumi kita?

2. Menanam pepohonan di depan rumah
Hal ini mungkin bisa membantu khususnya bagi keluarga kita agar lingkungan keluarga kita menjadi hijau dan segar. Selain untuk membantu agar udara menjadi segar juga akan menambah keindahan tersendiri dari sisi keindahan rumah jika kita bisa merancang pepohonan tersebut menjadi indah dan enak untuk dipandang. Lalu bagaimana jika kita tidak mempunyai halaman depan rumah? Tanaman sintesis mungkin bisa menjadi alternatif yang efektif dalam hal ini. Karena kata pepatah bahwa “tiada rotan akar pun jadi.” Tidak ada pepohonan sebenarnya, pohon sintesis pun bisa menggantikannya.

3. Perbaiki paradigma kita tentang penghijauan
Nah inilah yang penting sebenarnya. Terkadang paradigma kita beranggapan bahwa penghijauan itu hanya menguras tenaga kita tanpa menghasilkan hasil yang berarti. Semua itu salah ternyata karena walaupun hanya sebesar atom kebaikan kita yang kita lakukan, pasti akan ada hasil yang bisa kita ambil. Tergantung bagaimana kita mengambil hikmah dari apa yang kita perbuat. Kebanyakan orang berpikir “Buat apa saya susah-susah melakukan penghijauan sedangkan orang lain tidak melakukan hal yang sama dengan saya atau yang lebih pahit adalah orang lain tidak peduli dengan usaha kita?” tapi ingatlah bahwa ALLAH itu Maha Melihat. ALLAH tidak tidur. Dia melihat setiap gerak-gerik kita bahkan niat kita. Dengan kita berusaha, Insya ALLAH akan memberikan apa yang terbaik. Sekali lagi, setiap perbuatan yang kita perbuat akan menhasilkan sesuatu walaupun hanya sebesar atom dan setelah itu tergantung bagaimana kita mengambil hikmah dari itu semua.

Ketiga hal di atas jika kita lakukan dengan serius dan ikhlas, maka senantiasa kita sudah ikut berpartisipasi menjaga bumi kita ini agar tetap hijau dan indah. Jangan hanya berpikir masalah teknologi saja, karena tanpa alam, teknologi pun tidak akan ada.

KEEP GREEN OUR EARTH!

Advertisements

2 thoughts on “Go Green

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s