Perkembangan Kognitif Remaja
Pengertian perkembangan kognitif
Perkembangan kognitif adalah perubahan kemampuan mental seperti belajar, memori, menalar, berpikir, dan bahasa. Piaget (dalam Papalia & Olds, 2001) mengemukakan bahwa pada masa remaja terjadi kematangan kognitif, yaitu interaksi dari struktur otak yang telah sempurna dan lingkungan sosial yang semakin luas untuk eksperimentasi memungkinkan remaja untuk berpikir abstrak. Piaget menyebut tahap perkembangan kognitif ini sebagai tahap operasi formal (dalam Papalia & Olds, 2001).

Menurut teori tahapan Piaget, setiap individu akan melewati serangkaian perubahan kualitatif yang bersifat invariant, selalu tetap, tidak melompat atau mundur. Jean Piaget (1896-1980) mengemukakan bahwa ada empat tahap perkembangan kognitif manusia, yaitu:

1. Tahap sensorimotor berlangsung sejak lahir hingga usia 2 tahun
2. Tahap praoperasional berlangsung dari usia 2 hingga 7 tahun
3. Tahap operasional konkret pada usia 7 hingga 11 tahun
4. Tahap operasional formal yang berlangsung pada masa remaja, usia 11 hingga 15 tahun dan terus berlanjut sampai remaja mencapai masa tenang atau dewasa.

Perkembangan Bahasa Remaja
Pengertian Perkembangan Bahasa
Bahasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem lambang bunyi yang Arbitrer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan mengidentifikasikan diri. Kemampuan berbahasa merupakan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dalam pengertian ini tercakup semua cara untuk berkomunikasi, pikiran dan perasaan dinyatakan dalam bentuk lambang atau simbol untuk mengungkapkan suatu pengertian seperti dengan menggunakan lisan, tulisan, isyarat, bilangan, lukisan dan mimik muka.
Berdasarkan hasil penelitian, para ahli psikologi perkembangan mendefinisikan perkembangan bahasa sebagai kemampuan individu dalam menguasai kosakata, ucapan, gramatikal dan etika pengucapannya dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perkembangan umur kronologisnya. Karena perbandingan umur kronologis dengan kemampuan berbahasa individu menunjukkan perkembangan bahasanya.

Hubungan Kemampuan Berbahasa dengan Kemampuan Berpikir
Pemikiran para ahli tentang proses berfikir :
 Proses berfikir merupakan pemrosesan informasi yang berlangsung selama munculnya rangsangan sampai munculnya respon/tanggapan. (Morgan, 1989).
 Pada setiap individu, mereka berfikir dengan menggunakan simbol – simbol yang memiliki makna atau arti tertentu.(Glover, 1987).
 Aktivitas berfikir individu sebenarnya dibantu dengan menggunakan simbol – simbol verbal dan hukum tata bahasa untuk menggabungkan kata – kata menjadi suatu kalimat yang bermakna. (Morgan, 1980).

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa
Ada beberapa aliran yang memiliki pandangan tentang perkembangan bahasa seseorang. Berikut adalah penjabarannya :
1. Aliran Nativisme
Aliran ini berpandangan bahwa perkembangan bahasa seseorang ditentukan oleh faktor-faktor bawaan sejak lahir yang ditentukan oleh orang tuanya. Hal ini berarti, jika kemampuan bahasa orang tuanya baik dan cepat, maka sang anak juga memiliki kemampuan bahasa yang baik dan cepat, begitu sebaliknya.
2. Aliran Empirisme atau Behaviorisme
Aliran ini berpandangan sebaliknya, bahwa perkembangan bahasa seseorang tidak ditentukan oleh faktor bawaan melainkan ditentukan oleh proses belajar dari lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini jika kemampuan bahasa orang tuanya kurang baik dan lambat namun proses stimulasi dan proses belajar dilakukan secara intensif dengan lingkunagan berbahasa secara baik dan cepat, maka kemampuan berbahasa anak menjadi baik dan cepat
3. Aliran konvergensi
Aliran ini mengajukan pandangan yang merupakan kolaborasi antara faktor bawaan dan pengaruh lingkungan. Faktor bawaan yang kuat pengaruhnya terhadap perkembangan bahasa seseorang adalah aspek kognitif. Sedangkan faktor lingkungan juga sangan berpengaruh yakni besarnya kesempatan yang diperoleh dari lingkungan.

Advertisements

11 thoughts on “Resume Perkembangan Kognitif dan Bahasa Masa Remaja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s